Selasa, 08 April 2014

10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia

Penerbangan yang nyaman, pelayanan yang ramah dan menyenangkan membuat maskapai disukai para penumpang. Maskapai yang memberikan pelayanan yang lebih meskipun pada kelas ekonomi membuat penumpang merasa seperti terbang dengan pesawat pribadi. Pelayanan yang lebih (full service) memang sangat dibutuhkan penumpang. Namun untuk menikmatinya penumpang harus merogoh kocek agak dalam. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan maskapai yang bukan full service.

Kebanyakan maskapai dengan full service mempunyai rute jarak jauh. Rute internasional antar negara, bahkan antar benua dengan transit di bandara negara lain sebelum rute tujuan berakhir. Namun demikian, tak jarang rute jarak pendek yang hanya satu jam atau kurang juga bisa kita temui maskapai pada kelas ini. Penundaan penerbangan (delayed) juga jarang ditemukan pada kelas ini. Jika memang terpaksa ada, kompensasi pada penumpang juga sebanding dengan kerugian yang diderita penumpang.


Berbicara mengenai maskapai yang memberikan layanan yang baik, Business Insider (26/04/2013) merilis 20 maskapai terbaik di dunia (The 20 Best Airlines in The World) berdasarkan data dari Skytrax. Penilaian peringkat meliputi pengalaman dalam penerbangan berdasarkan peringkat untuk kenyamanan kursi, hiburan dalam penerbangan, kebersihan kabin dan kondisi, kualitas makanan yang disajikan, dan efisiensi pelayanan.
Flightstats.com memberikan angka kinerja tepat waktu (dari 15 Februari-15 April) untuk setiap maskapai penerbangan. Nilai dari rata-rata skor untuk pengalaman dalam penerbangan dan kinerja tepat waktu dari penerbangan yang sama untuk dijadikan skor keseluruhan. Skor tertinggi adalah 100 poin.
Berikut ini 10 dari 20 maskapai terbaik dunia.

10. Air New Zealand, Selandia Baru
Air NZ logo new 2012.png

maskapai baik10

Pengalaman dalam terbang: 82
Kinerja tepat waktu: 74

Air New Zealand memiliki peringkat tinggi namun skor keseluruhan turun. Dengan kampanye iklan yang mengkapitalisasi pada popularitas film The Hobbit, menawarkan layanan ke Australia, Pasifik Selatan, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

9. Korean Air, Korea Selatan

KoreanAir logo.svg

maskapai baik9

Pengalaman dalam terbang: 78
Kinerja tepat waktu: 74

Korean Air, yang terbang ke tujuan di seluruh enam benua yang dihuni, memiliki peringkat konsisten di semua kategori, tidak mencetak gol sangat tinggi atau sangat rendah. Terlepas dari kenyataan bahwa maskapai ini memiliki sebuah peternakan yang menimbulkan daging sapi, makanan mendapat skor 70.

8. Silk Air, Singapura


SilkAir Logo.svg

maskapai baik8

Pengalaman dalam terbang: 76
Kinerja tepat waktu: 74

Silk Air mencetak tinggi dalam semua kategori kecuali hiburan dalam penerbangan, di mana ia mendapat skor 60. Sebagai anak perusahaan dari Singapore Airlines yang mengoperasikan penerbangan pendek, penumpang tidak memperdulikan banyak waktu, terutama karena alkohol gratis yang ditawarkan pada penerbangan internasional.

7. Garuda Indonesia, Indonesia
Garuda Indonesia Logo.svg


maskapai baik7

Pengalaman dalam terbang: 80
Kinerja tepat waktu: 74

Garuda Indonesia mendapat skor tertinggi dengan hampir sempurna 90 untuk kenyamanan kursi. Namun, setelah itu dianggap “tidak aman,” Garuda dilarang terbang di wilayah udara Uni Eropa antara 2007 sampai 2009. Mayoritas rute Garuda adalah di Asia, Australia, dan Timur Tengah.

6. ANA (All Nippon Airways), Jepang 



Pengalaman dalam terbang: 82
Kinerja tepat waktu: 74

ANA adalah maskapai penerbangan terbesar di Jepang, dan operator dari dua Boeing Dreamliner pesawat yang sistem baterai gagal pada bulan Januari, yang mengarah ke landasan jet. Pengangkut tidak menerima nilai sempurna dalam kategori apapun, tapi peringkat tinggi konsisten mendapatkan nomor empat pada daftar.

5. Qatar Airways, Qatar
Qatar Airways Logo.svg


maskapai baik5

Pengalaman dalam terbang: 90
Kinerja tepat waktu: 60

Qatar Airways memperoleh nilai sempurna untuk kenyamanan kursi dan efisiensi pelayanan, dan menawarkan minuman gratis pada penerbangan internasional. Maskapai ini mengoperasikan jaringan hubungan dan berbicara dari rute, dan pemerintah Qatar memiliki 50% saham maskapai ini.

4. Asiana Airlines, Korea Selatan
Asiana Airlines.svg

maskapai baik4

Pengalaman dalam terbang: 86
Kinerja tepat waktu: 80

Sebelumnya maskapai ini dikenal sebagai Seoul Airlines, hubungan Asiana Airlines adalah di Bandara Internasional Incheon, tepat di luar ibukota Korea Selatan. Pada 2012, itu bernama “Best Airline Keseluruhan Di Dunia” oleh wisatawan bisnis, tetapi masuk di nomor empat di daftar Skytrax.

3. Virgin America
Virgin America Logo.svg

maskapai baik3

Pengalaman dalam terbang: 80
Kinerja tepat waktu: 74

Virgin America mencetak skor 90 untuk perusahaan hiburan dalam penerbangan, dan membuat penggemar Apple bahagia tahun lalu ketika satu nama jika pesawat yang “Stay Hungry, Stay Foolish,” untuk menghormati Steve Jobs. Maskapai ini mengutamakan rute penerbangan jarak jauh dari pantai timur ke pantai barat Amerika Serikat.

2. Malaysia Airlines
Malaysia Airlines Svg Logo.svg


maskapai baik2

Pengalaman dalam terbang: 90
Kinerja tepat waktu: 74

Malaysia Airlines mendapat nilai sempurna untuk kenyamanan kursi dan efisiensi pelayanan. Bahkan melarang anak-anak di beberapa daerah pesawat, meskipun wisatawan ekonomi masih akan memiliki resiko kursi punggung mereka ditendang oleh balita. Kantor pusat terletak di Kuala Lumpur, dan beroperasi penerbangan di seluruh wilayah.

1. Singapore Airlines, Singapore
Singapore Airlines Logo.svg


maskapai baik1
Pengalaman dalam terbang: 98
Kinerja tepat waktu: 74
Sebagai peringkat teratas, Singapore Airlines menawarkan jauh dan pengalaman ekonomi terbaik di dunia. Karyawan dilatih untuk memperlakukan setiap orang dengan hati-hati dan hormat, dan itu membuat semua perbedaan. Tambahkan fakta bahwa Singapore Airlines mencetak 100 untuk kenyamanan kursi, kebersihan kabin, dan hiburan dalam penerbangan, dan sangat mudah untuk melihat mengapa hal itu nomor satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar