Penerbangan yang nyaman, pelayanan yang ramah dan menyenangkan
membuat maskapai disukai para penumpang. Maskapai yang memberikan
pelayanan yang lebih meskipun pada kelas ekonomi membuat penumpang
merasa seperti terbang dengan pesawat pribadi. Pelayanan yang lebih (full service)
memang sangat dibutuhkan penumpang. Namun untuk menikmatinya penumpang
harus merogoh kocek agak dalam. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan
maskapai yang bukan full service.
Kebanyakan maskapai dengan full service mempunyai rute jarak
jauh. Rute internasional antar negara, bahkan antar benua dengan
transit di bandara negara lain sebelum rute tujuan berakhir. Namun
demikian, tak jarang rute jarak pendek yang hanya satu jam atau kurang
juga bisa kita temui maskapai pada kelas ini. Penundaan penerbangan (delayed)
juga jarang ditemukan pada kelas ini. Jika memang terpaksa ada,
kompensasi pada penumpang juga sebanding dengan kerugian yang diderita
penumpang.
Berbicara mengenai maskapai yang memberikan layanan yang baik, Business Insider (26/04/2013) merilis 20 maskapai terbaik di dunia (The 20 Best Airlines in The World) berdasarkan data dari Skytrax.
Penilaian peringkat meliputi pengalaman dalam penerbangan berdasarkan
peringkat untuk kenyamanan kursi, hiburan dalam penerbangan, kebersihan
kabin dan kondisi, kualitas makanan yang disajikan, dan efisiensi
pelayanan.
Flightstats.com memberikan angka kinerja tepat waktu (dari 15
Februari-15 April) untuk setiap maskapai penerbangan. Nilai dari
rata-rata skor untuk pengalaman dalam penerbangan dan kinerja tepat
waktu dari penerbangan yang sama untuk dijadikan skor keseluruhan. Skor
tertinggi adalah 100 poin.
Berikut ini 10 dari 20 maskapai terbaik dunia.
10. Air New Zealand, Selandia Baru
Pengalaman dalam terbang: 82
Kinerja tepat waktu: 74
Air New Zealand memiliki peringkat tinggi namun skor keseluruhan
turun. Dengan kampanye iklan yang mengkapitalisasi pada popularitas film
The Hobbit, menawarkan layanan ke Australia, Pasifik Selatan, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.
9. Korean Air, Korea Selatan
Pengalaman dalam terbang: 78
Kinerja tepat waktu: 74
Korean Air, yang terbang ke tujuan di seluruh enam benua yang dihuni,
memiliki peringkat konsisten di semua kategori, tidak mencetak gol
sangat tinggi atau sangat rendah. Terlepas dari kenyataan bahwa maskapai
ini memiliki sebuah peternakan yang menimbulkan daging sapi, makanan
mendapat skor 70.
8. Silk Air, Singapura
Pengalaman dalam terbang: 76
Kinerja tepat waktu: 74
Silk Air mencetak tinggi dalam semua kategori kecuali hiburan dalam
penerbangan, di mana ia mendapat skor 60. Sebagai anak perusahaan dari
Singapore Airlines yang mengoperasikan penerbangan pendek, penumpang
tidak memperdulikan banyak waktu, terutama karena alkohol gratis yang
ditawarkan pada penerbangan internasional.
7. Garuda Indonesia, Indonesia
Pengalaman dalam terbang: 80
Kinerja tepat waktu: 74
Garuda Indonesia mendapat skor tertinggi dengan hampir sempurna 90
untuk kenyamanan kursi. Namun, setelah itu dianggap “tidak aman,” Garuda
dilarang terbang di wilayah udara Uni Eropa antara 2007 sampai 2009.
Mayoritas rute Garuda adalah di Asia, Australia, dan Timur Tengah.
6. ANA (All Nippon Airways), Jepang
Pengalaman dalam terbang: 82
Kinerja tepat waktu: 74
ANA adalah maskapai penerbangan terbesar di Jepang, dan operator dari
dua Boeing Dreamliner pesawat yang sistem baterai gagal pada bulan
Januari, yang mengarah ke landasan jet. Pengangkut tidak menerima nilai
sempurna dalam kategori apapun, tapi peringkat tinggi konsisten
mendapatkan nomor empat pada daftar.
5. Qatar Airways, Qatar
Pengalaman dalam terbang: 90
Kinerja tepat waktu: 60
Qatar Airways memperoleh nilai sempurna untuk kenyamanan kursi dan
efisiensi pelayanan, dan menawarkan minuman gratis pada penerbangan
internasional. Maskapai ini mengoperasikan jaringan hubungan dan
berbicara dari rute, dan pemerintah Qatar memiliki 50% saham maskapai
ini.
4. Asiana Airlines, Korea Selatan
Pengalaman dalam terbang: 86
Kinerja tepat waktu: 80
Sebelumnya maskapai ini dikenal sebagai Seoul Airlines, hubungan
Asiana Airlines adalah di Bandara Internasional Incheon, tepat di luar
ibukota Korea Selatan. Pada 2012, itu bernama “Best Airline Keseluruhan
Di Dunia” oleh wisatawan bisnis, tetapi masuk di nomor empat di daftar
Skytrax.
3. Virgin America
Pengalaman dalam terbang: 80
Kinerja tepat waktu: 74
Virgin America mencetak skor 90 untuk perusahaan hiburan dalam
penerbangan, dan membuat penggemar Apple bahagia tahun lalu ketika satu
nama jika pesawat yang “Stay Hungry, Stay Foolish,” untuk menghormati
Steve Jobs. Maskapai ini mengutamakan rute penerbangan jarak jauh dari
pantai timur ke pantai barat Amerika Serikat.
2. Malaysia Airlines
Pengalaman dalam terbang: 90
Kinerja tepat waktu: 74
Malaysia Airlines mendapat nilai sempurna untuk kenyamanan kursi dan
efisiensi pelayanan. Bahkan melarang anak-anak di beberapa daerah
pesawat, meskipun wisatawan ekonomi masih akan memiliki resiko kursi
punggung mereka ditendang oleh balita. Kantor pusat terletak di Kuala
Lumpur, dan beroperasi penerbangan di seluruh wilayah.
1. Singapore Airlines, Singapore
Pengalaman dalam terbang: 98
Kinerja tepat waktu: 74
Sebagai peringkat teratas, Singapore Airlines menawarkan jauh dan
pengalaman ekonomi terbaik di dunia. Karyawan dilatih untuk
memperlakukan setiap orang dengan hati-hati dan hormat, dan itu membuat
semua perbedaan. Tambahkan fakta bahwa Singapore Airlines mencetak 100
untuk kenyamanan kursi, kebersihan kabin, dan hiburan dalam penerbangan,
dan sangat mudah untuk melihat mengapa hal itu nomor satu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar