Jumat, 13 Desember 2013

10 Negara dengan Konsumsi Minyak terbesar

Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu penggunaan BBM harus hemat, jika tidak maka krisis energi akan melanda negara-negara di dunia ini. Energi alternatif lain haruslah dicarikan supaya kita tidak terlalu tergantung pada BBM. Berbagai penelitian untuk mewujudkan alternatif energin tersebut.


Berbagai negara telah mengkampanyekan tentang penggunaan energi alternatif ini. Mulai dari Bahan Bakar Gas (BBG) sampai dengan bio energi. Namun, masih banyak negara yang kurang mendukung gagasan ini. Negara-negara maju justru menggunakan BBM yang secara berlebihan, karena negara-negara maju banyak menggunakan BBM untuk industri, kendaraan sekala besar. Seperti dilansir The Richest (13/05/13), berikut ini 10 negara yang paling boros dalam penggunaan BBM.



10. Korea Selatan

bbm10 
Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia yang memiliki penduduk lebih dari lima puluh juta orang. Negara ini telah mengalami banyak perkembangan dalam dua puluh tahun terakhir dengan infrastruktur, industri dan pertumbuhan yang luar biasa dari ekonomi secara umum. Perkembangan ini juga telah disertai dengan pertumbuhan populasi dengan lebih banyaknya sumber daya yang tersedia untuk menyediakan bagi pertumbuhan penduduk. Perkembangan ini telah secara langsung menyebabkan pertumbuhan konsumsi BBM. Konsumsi BBM di Korea Selatan saat ini menjadi 2,195 juta barel per hari.

9. Saudi Arabia

bbm9 
Ini adalah negara di Timur Tengah yang telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Pertumbuhan ini terutama dikaitkan dengan negara penghasil minyak sendiri dengan surplus yang dijual ke negara-negara lain di dunia. Minyak diekspor menghasilkan banyak uang yang diinvestasikan dalam perekonomian sehingga menghasilkan pertumbuhan pesat. Sektor-sektor utama yang mengkonsumsi minyak di Arab Saudi termasuk transportasi dan industri. Perkiraan konsumsi BBM di negara ini adalah 2,209 juta barel per hari.

8. Kanada

bbm8 
Kanada adalah negara berkembang yang penduduknya mayoritas secara ekonomi baik. Negara ini juga secara signifikan lebih besar secara geografis dibandingkan dengan sebagian besar negara-negara lain di dunia. Akibatnya, permintaan BBM di negara ini tinggi dengan transportasi, individu dan industri membutuhkan BBM yang besar. Total konsumsi BBM adalah 2,220 juta barel per hari.

7. Brasil

bbm7 
Brasil muncul sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia menurut statistik terbaru. Hal ini disebabkan kebijakan administrasi menempatkan lebih menekankan pada pertumbuhan industri akibatnya mengarah ke perbaikan dari industri yang ada dan juga pembentukan industri baru. Pertumbuhan ini juga menyebabkan pembangunan di sektor-sektor ekonomi lainnya termasuk infrastruktur. Dampak langsung dari perkembangan ini adalah konsumsi minyak meningkat sehingga dapat menopang industri dan peningkatan jumlah kendaraan di negara ini. Konsumsi BBM Brasil diperkirakan 2,229 juta barel per hari.

6. Jerman

bbm6 
Jerman telah mendominasi dalam pembangunan ekonomi dan industri di dalam jangka waktu yang. Jerman juga terkenal karena manufaktur yang baik akibat banyaknya produk yang diproduksi telah diekspor ke negara-` negara Lain. Akibatnya, Jerman untuk waktu lama yang telah memiliki permintaan yang tinggi untuk BBM. Konsumsi BBM di Jerman diperkirakan 2,495 juta barel per Hari.

5. India

bbm5 
India adalah negara besar secara geografis dan negara yang paling padat penduduknya di dunia. Negara ini juga memiliki persentase yang signifikan dari orang miskin yang menggunakan BBM untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Akibatnya, negara membutuhkan jumlah BBM besar untuk kebutuhan penduduk yang besar ini. Konsumsi BBM India adalah 3,182 juta barel per hari.

4. Rusia

bbm4 
Rusia adalah salah satu negara terbesar secara geografis dengan penduduk yang besar pula. Negara ini juga mempunyai ekonomis yang memungkinkan warganya untuk mampu dalam membeli berbagai jenis mesin yang menggunakan BBM. Selain itu, negara ini juga menghasilkan produk yang berbeda dan memiliki jumlah industri yang tinggi. Perkiraan konsumsi BBM harian Rusia 3,199 juta barel per hari.

3. Jepang

bbm3 
Jepang merupakan negara yang sangat padat dengan sebagian besar penduduk negara ini mempunyai ekonomi yang stabil. Negara ini juga sangat rajin dengan berbagai industri di berbagai bagian negara. Jepang juga dikenal memiliki sistem transportasi yang efisien yang meningkatkan jumlah kendaraan di jalan. Semua ini bagian dari ekonomi menuntut jumlah BBM yang tinggi membuatnya menjadi konsumen BBM yang besar. Perkiraan konsumsi BBM Jepang adalah 4,452 juta barel setiap hari.

2. Cina

bbm2 
Cina telah berkembang pesat sejak masa lalu sehingga bangsa terbesar dan rajin di dunia. Negara ini juga sangat padat dan banyak orang kaya dan miskin. Selain itu, infrastruktur jalan negara ini adalah kelas atas dan persentase yang signifikan dari populasi mampu membeli kendaraan untuk digunakan pada jalan tersebut. Pertumbuhan yang luar biasa terutama disebabkan oleh fakta bahwa mayoritas penduduk yang bekerja sangat keras dan banyak industri memiliki tenaga kerja yang memadai. Faktor-faktor ini telah membuat konsumsi BBM negara menjadi tinggi dengan perkiraan konsumsi menjadi 9,400 juta barel per hari.

1. Amerika Serikat

bbm1 
Amerika Serikat adalah salah satu negara besar secara geografis. Populasi penduduk juga besar dengan orang yang tersebar di berbagai negara. Selain itu, negara ini adalah sebuah rumah kekuatan ekonomi dengan populasi terbesar mampu membeli kendaraan bermotor pribadi dan berbagai macam mesin yang menggunakan BBM. Selain itu, negara ini juga terkenal karena menjadi rajin karena memiliki berbagai industri untuk memproduksi produk yang berbeda. Sektor-sektor ini memerlukan jumlah BBM yang tinggi untuk dapat mempertahankannya. Amerika Serikat adalah negara pengimpor BBM yang besar. Perkiraan konsumsi BBM Amerika Serikat adalah 19,150 juta barel per hari menurut statistik terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar